Peluang Usaha Udang Galah yang Menjanjikan baca dulu ini!

Posted on

Peluang Usaha Udang Galah. Udang galah yang memiliki nama latin Macrobrachium Rosenbergii de Man merupakan salah satu jenis Crustacea (Udang) yang mempunyai ukuran badan paling besar diantara udang air tawar yang sering dibudidayakan dengan panjang badan mencapai 30 cm sehingga terkenal dengan sebutan Giant Freshwater Shrimp. Saat ini udang galah menjadi primadona pembudidaya udang di Indonesia karena mudah dibudidayakan, permintaan pasar tinggi dan nilai jualnya sangat baik. Hal ini menyebabkan peluang usaha bagi masyarakat terbuka luas. Peluang usaha udang galah ke depannya sangat menjanjikan.

 

Berikut ini peluang usaha udang galah ditinjau dari beberapa segi, diantaranya:

1.    Dukungan Pemerintah

Udang galah yang disebut-sebut sebagai fauna asli Indonesia, dapat ditemukan di tiap daerah seperti di Kalimantan, Sumatera, Jawa dan daerah lainnya. Indonesia mempunyai strain udang galah bibit unggul (GI Marco). Saat ini pemerintah terus mendukung pengembangan budidaya udang galah di negeri kita melalui upaya perbaikan manajemen induk, pengkajian wilayah potensi pengembangan udang galah. Produsen udang galah terbesar di Asia diantaranya China, Bangladesh dan diikuti Taiwan serta Thailand. India dan Malaysia pun merupakan negara produsen udang galah namun masih dalam jumlah relatif kecil.

2. Peluang Pasar

Peluang pasar udang galah di tingkat lokal (dalam negeri) dan mancanegara masih terbuka luas, hal ini karena udang galah merupakan makanan yang memiliki cita rasa tinggi dengan segmen pasar kelas menengah ke atas. Permintaan udang galah datang dari daerah-daerah tujuan wisata di dalam negeri seperti Bali, Jakarta, Surabaya dan Batam. Permintaan udang galah dari luar negeri terutama negara-negara asia datang dari Singapura, Jepang dan Korea. Sementara permintaan udang galah pun datang dari pasar Eropa seperti negara Inggris dan Belanda, dan dari Australia, Skotlandia dan Selandia Baru. Bahkan pasar udang galah sudah menembus Amerika serikat dan Kanada. Kebutuhan pasar udang galah di tingkat Internasional baru dipenuhi oleh China, India dan Thailand. Peluang budidaya udang galah di Indonesia sangat terbuka lebar, sentra budidaya udang galah di Indonesia masih dipusatkan di daerah Yogyakarta itu pun masih berskala mikro (skala kecil) sehingga masih bisa dikembangkan di daerah-daerah lainnya. Hal ini membuka peluang usaha budidaya udang galah.

3. Tinjaun Ekonomi
Ditinjau dari sisi ekonomi, usaha budidaya udang galah akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Kerena udang galah bisa dibudidayakan bersama padi di sawah. Jadi para petani lokal bila membudidayakan udang galah selain memperoleh keuntungan dari padi juga secara otomatis akan mendapat tambahan keuntungan dari hasil budidaya udang galah. Selain itu lahan-lahan non produktif  bisa digunakan untuk budi daya udang galah sehingga akan memberi keuntungan kepada para pemilik lahan dan para pekerja.

4. Tinjauan Produksi
Budidaya udang galah relatif mudah karena bisa dibudidayakan pada lahan kolam, empang air tawar atau tanah persawahan dan cara budidaya bisa dilakukan dengan cara tradisional atau semi intensif dengan skala kecil (mikro), skala menengah maupun skala industry (makro).

5. Tinjauan Lingkungan

Ditinjau dari sisi kelestarian lingkungan budidaya udang galah tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Hal ini disebabkan pada budidaya udang galah, air di kolam budidaya harus selalu berkualitas baik sehingga akan terhindar dari limbah air kotor dan berbau sehingga tidak ada kekhawatiran pencemaran bagi warga sekitar.

6. Tinjauan Pemasaran
Pemasaran udang galah hasil budidaya dapat dilakukan untuk kebutuhan ekspor maupun kebutuhan masyarakat setempat. Pembudidaya udang galah bisa memsarkan dan menjual hasil produksinya sendiri untuk kebutuhan rumah tangga dan rumah makan (sea food), atau dijual ke pengepul untuk dijual kembali ke para pedagang pengecer, pasar swalayan atau rumah-rumah makan. Dilihat dari pola produksi dan pola pemasaran udang galah yang cukup sederhana ditambah masih tingginya permintaan pasar menjadikan peluang usaha udang galah pada waktu ke depan sangat menjanjikan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *