Beberapa keunggulan budi daya udang windu diantaranya sebagai berikut..

Posted on

budidaya udang windu

Beberapa keunggulan budi daya udang windu. Udang windu berasal dari species Penaeus monodon dan merupakan udang yang dibudidayakan dengan menggunakan air asin atau air laut di tambak-tambak tepian pantai. Budi daya udang windu ditujukan untuk kebutuhan konsumsi mengingat udang windu sangat digemari konsumen sehingga pasarnya sangat luas. Selain budi daya, udang windu bisa di dapatkan dengan cara menangkap langsung di perairan laut lepas oleh para nelayan.

Budi daya udang windu yang mengalami perkembangan yang pesat didorong oleh permintaan pasar yang cukup tinggi dan harga jual yang cukup tinggi pula mengingat udang windu yang berkulit keras dan berbadan bongsor ini dikenal memiliki rasa yang manis yang gurih sehingga konsumen pemesan udang ini bukan hanya dari wilayah lokal dan nasional melainkan sampai menembus pasar ekspor ke manca negara terutama ke Jepang dan Eropa. Udang ini dijual dalam bentuk udang utuh maupun dikemas dalam bentuk udang beku.

Beberapa keunggulan budi daya udang windu diantaranya sebagai berikut:

1.    Budi daya udang windu memiliki prospek yang menjanjikan
Prospek yang bagus dalam budi daya udang windu ini dodorong oleh permintaan konsumen yang cukup tinggi sementara para petani tambak yang mengembangkan budi daya udang windu ini masih terbatas. Petani tambak banyak yang beralih ke jenis udang lain seperti udang vaname yang memang relatif lebih mudah dalam proses pembudidayaannya dibanding udang windu, namun bila diupayakan dengan serius dan tetap bertahan seraya mengembangkan terus teknologi budi daya udang windu terutama mengaplikasikan hasil-hasil riset atau penelitian di lapangan, maka keberhasilan pun akan diraih.

2.    Ukuran badan udang windu yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen
Konsumen banyak yang tertarik dengan udang windu karena ukurannya yang besar, bayangkan untuk udang windu betina  per 1 kilogramnya hanya terdiri dari 4 sampai 5 ekor karena berat udang windu betina siap panen sekitar 200 sampai 320 gram, dan untuk udang windu jantan per kilogram hanya 6 sampai 10 ekor dengan berat rata-rata per ekor saat panen sekitar 100 sampai 170 gram. Dengan budi daya yang intensif dan besaran produksi yang cukup banyak maka penghasilan yang diperoleh cukup besar.

Baca juga: Udang salah satu jenis budidaya perairan yang bisa dilakukan di air tawar

3.    Harga jual udang ini yang sangat tinggi di pasaran
Harga jual udang windu yang sangat tinggi disebabkan masih jarangnya petani tambak atau para wirausahawan yang mengembangkan budi daya udang ini sehingga keberadaannya di pasaran bisa dibilang masih langka atau masih minim.

Dalam budi daya udang windu para petani tambak seringkali mengalami kerugian karena jenis udang windu ini masih rentan terhadap serangan penyakit  seperti penyakit white spot atau virus bintik putih yang mematikan sehingga resiko kerugian cukup besar. Karena resiko yang cukup besar tersebut banyak pembudi daya udang windu di Indonesia gulung tikar atau beralih ke budi daya udang jenis lain, namun sebagian pembudi daya tetap bertahan dan terus berupaya mengembangkan budi daya udang ini sambil terus mencoba menanggulangi berbagai kelemahan dalam budi daya seperti kerentanan terhadap penyakit dan lain sebagainya.

Baca juga: Beberapa keunggulan budi daya udang vaname diantaranya…

Terbatasnya jumlah pembudi daya udang windu menjadi tantangan tersendiri dan sekaligus sebagai peluang untuk meraih pangsa pasar yang besar karena faktor kelangkaan produk. Namun para pemula harus benar-benar memperhitungkan faktor-faktor resiko yang mungkin dihadapai dalam budi daya udang windu ini. Dukungan para ahli perikanan dan perairan sangat bermanfaat dalam mendongkrak keberhasilan budi daya udang windu di Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *