Beberapa keunggulan budi daya udang vaname diantaranya…

Posted on

budi daya udang vaname

Beberapa keunggulan budi daya udang vaname diantaranya…. Udang vaname yang berasal dari spesies Litopenaeus vannamei merupakan varietas atau jenis udang air laut yang tergolong mudah dibudidayakan. Udang yang berasal dari belahan timur samudera pasifik ini diperoleh dengan cara ditangkap langsung oleh para nelayan dipantai-pantai, namun karena proses budi daya udang ini cukup mudah, saat ini budi daya udang vaname sedang berkembang pesat.

Udang vaname yang dikenal sebagai King Prawn atau raja udang dan berkaki putih sehingga disebut Pacific white shrimp atau udang putih pasifik ini merupakan jenis udang yang ditangkap atau dibudidayakan untuk kebutuhan konsumsi, selain ukurannya cukup besar rasa udang ini terkenal gurih dan manis. Tak ayal konsumen untuk udang ini sangat banyak sehingga pasar sangat terbuka lebar bahkan bisa menembus pasar ekspor ke negara-negara Eropa dan Jepang.

Baca juga: Udang salah satu jenis budidaya perairan yang bisa dilakukan di air tawar

Udang vaname biasa dibudidayakan di tambak-tambak udang air asin atau air laut di tepi pantai, memang ukuran badan udang vaname tergolong kecil atau tepatnya paling kecil diantara jenis-jenis udang tambak yang dibudidayakan oleh para petani tambak. Ukuran panjang badan udang vaname sekitar 23 cm (230 mm) dengan panjang kerapas 9 cm. walaupun udang vaname tergolong lebih kecil disbanding udang tambak lainnya, namun karena kemudahan dalam membudidayakannya dan banyak keunggulan-keunggulan dalam budi daya udang jenis vaname ini menyebabkan udang ini menjadi primadona bagi para petani tambak.
Beberapa keunggulan budi daya udang vaname diantaranya sebagai berikut:

1.    Lebih tahan terhadap berbagai serangan penyakit
Beberapa petambak udang sering mengeluhkan berbagai penyakit yang menyerang pada saat budi daya udang, diantaranya ancaman penyakit Taura syndrome, white spot syndrome, aematopoietic necrosis, infectious hypodermal, Vibrio infections, baculoviral midgut gland necrosis, dan lainnya. Bahkan beberapa jenis udang yang dibudidayakan pernah mengalami kegagalan panen atau gagal produksi yang bisa mengakibatkan kerugian bagi para petambak, sehingga jenis udang yang tahan serangan penyakit merupakan jenis udang unggulan yang layak dibudidayakan.

2.    Daya tahan tubuh tinggi selama proses budi daya
Udang vaname dikenal memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga banyaknya udang yang mati saat pertumbuhan karena tidak tahan terhadap faktor-faktor seperti perubahan cuaca, dan tidak mampu mentolelir perubahan kadar air (seperti salinitas air) bisa dihindari.

Baca juga: Jenis-jenis udang unggulan petambak udang di Indonesia

3.    Waktu pertumbuhan lebih singkat
Salah satu keunggulan jenis udang vaname dibanding jenis udang lain ialah memiliki masa pertumbuhan atau masa produksi yang lebih singkat sehingga masa panen lebih cepat. Hal ini bisa mendatangkan keuntungan lebih cepat dan memperkecil resiko kerugian yang mengkin timbul.

4.    Mudah dalam penyediaan dan pemberian pakan

5.    Teknik budi daya lebih mudah dan lebih bervariatif
Teknik budi daya udang vaname yang bisa dilakukan dengan beragam cara merupakan nilai plus tersendiri dalam budi daya karena bisa dibudidayakan dengan teknik budidaya tradisional dengan peralatan sederhana dan bermodalkan kecil, maupun budi daya dengan teknik intensif dan supra intensif yang memungkinkan budi daya bersakala industri dan tentunya bermodal besar. Dengan kemudahan teknik budi daya pada udang vaname memungkinkan jenis ini bisa dibudidayakan oleh petambak berskala kecil dan petambak berskala industri.

Melihat keunggulan-keunggulan yang ada dalam budi daya udang vaname menyebabkan budi daya udang ini layak di coba dan dikembangkan dan yang tak kalah menarik adalah dukungan permintaan pasar yang cukup besar dan harga jual yang cukup tinggi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *